Wednesday 11 February 2015

User Interface yang menyebalkan

Pentinganya pemahaman mengenai interface kini menjadi tolak ukur yang patut untuk diperhitungkan.

Kali ini saya akan membahas mengenai game yang pernah saya mainkan yaitu WoW (World *f Warcraft)

Pada pengembangannya game ini cukup mengalami kemajuan yang sangat pesat dengan berjuta user yang bermain didalamnya, namun sangat disayangkan masih ada interface yang harus diperbaiki untuk kemajuan game ini kedepannya.

Contohnya saja seperti gambar dibawah ini

Kekurangan yang ditemukan pada interface tersebut terletak pada layout yang terlalu penuh, sehingga pemain merasa kesulitan pada jarak pandang didalam game. Hal tersebut bisa membuat user merasa terganggu dan tidak nyaman, karena banyak user yang menginginkan interface yang membuatnya nyaman dan tentunya menghibur. Tidak sedikit dari mereka yang ahirnya meninggalkan game yang interfacenya kurang menarik/menyebalkan untuk mencari game dengan interface yang lebih baik.

Semoga dengan adanya post ini bisa membangun game ini untuk kedepannya. ^^v

25 comments:

  1. saya setuju dengan pendapat anda, bahwa video games tersebut tidak memperhatikan yang namanya user interface terutama dari segi usabilitynya.

    https://samad15.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. Saya setuju dengan pendapat penulis, memang layar terlihat penuh, namun hal itu untuk memenuhi fungsi dan fitur dalam game, solusinya mungkin dibuatkan interface yang lebih simple dan memuat semua fitur-fitur yang ada dalam game, sehingga pemain game merasa nyaman saat memainkan game tersebut.

    ReplyDelete
  3. Tidak dipungkiri, sejumlah game online memang memiliki interface yang "kurang nyaman" dipandang, salah satunya adalah interface game ini. terlalu banyak layout menu yang menutupi gameplay menjadi alasan kurang menariknya game ini, yang mungkin disebabkan banyaknya fitur yang HARUS digunakan dalam game.
    sebagai masukan, sebaiknya dibuat fitur yang menghide layout-layout ini sehingga tidak metupi gameplay, atau mengurangi sejumlah layout yang memungkinkan bisa digunakan bersamaan.

    http://dimascsipb49.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga game masa mendatang bisa lebih baik ya gan (y)

      Delete
  4. saya sangat setuju dengan pendapat dari saudara joe, interface yang disuguhkan sangat membuat penglihatan pengguna terganggu. dengan menampilkan banyak layout dari fitur-fiturnya yang ada, pengguna sangat tidak nyaman dalam memainkan game ini.

    ReplyDelete
  5. interfacenya terlalu ramai membuat si user pemula pusing, membuat si user pemula menjadi bingung apa yang harus dilakukan.

    ReplyDelete
  6. bener banget jooo itu interface udah kaya lapak dagangan semua di angkut bukannya orang pengen maen malah jadi unmood, gua yang bukan gamers aja males liatnya hehe

    ReplyDelete
  7. Asli hancur, jo. harus diganti nih desainernya...wkwkwkw

    ReplyDelete
  8. bagi orang memainkanya hanya mementingkan segi grafis akan merasa terganggu pada banyaknya game stats tersebut mungkin disisi lain bagi para gamer yang tidak melihat sebuah game dari sisi grafis player saja atau game yang terlihat keren designnya yaitu gamer yang tertantang untuk permainan strategi yang mana untuk memainkannya membutuhkan perhitungan matang akan game stats tersebut akan lebih menikmatinya. atau mungkin jangan-jangan game tersebut memang game strategi yang lebih kearah perhitungan stats stats tersebut hehe

    ReplyDelete
  9. Saya setuju dengan pendapat penulis, layout yang ditampilkan terlalu ramai dan kurang nyaman untuk dilihat. Apalagi untuk bermain game seperti itu pasti dilakukan lebih dari 1 jam bahkan berjam-jam, mungkin apabila selama bermain interfacenya seperti itu, bisa membuat orang yang memainkannya pusing sendiri. :D

    http://dynssetiana12u.wordpress.com/

    ReplyDelete
  10. wah, ane jarang main game gan. ane jadi ga ngerti banyak, tapi bisa ga sih beberapa properties nya itu di hide di pengaturannya, ya sehingga lebih simple keliatannya. dan sepertinya properties-properties itu di tampilkan sesuai keinginan user ga sih? jadi bisa di atur lebih kan ya...
    Atau..
    pake layar yang lebih lebar gan, biar lebih luas pandangannya. :D

    ReplyDelete
  11. properties itu bukan keinginan user gan, tapi memang ada salah satu event dimana harus menggunakan interface seperti itu.
    oke ditampung gan :D

    ReplyDelete
  12. duh ini mah, susah dilihatnya bro, hahhaa gue aja bingung ini ngeliiat mana lawan mana kawan klo kea gini, terus juga darah gue tinggal brapa, mana gue brapa, susah bro ngliatnya :)

    untuk masukan, jangan main game ini yaa .. main game lain aja, COC contohnya

    main ke blog ane gan

    http://tugasimkilham.blogspot.com

    ReplyDelete
  13. waaah saya setuju dengan joe

    interface raid wow yang terlalu banyak menggunakan list membatasi pandangan user di game, sepertinya sebenarnya bisa di hide tetapi akan terjadi "missing information", jika dilihat oleh pemula pasti akan pusing terlebih dahulu sebelum bermain hahahaha

    ReplyDelete
  14. setujulah sama joelowww, interfacenya ribet dan sulit digunakan.

    ReplyDelete
  15. setuju gan, dilihat dari gambarnya kelihatan banget penuhnya. kalau saya main game ini pasti bingung mau klik yang mana. terlalu banyaaakk !!

    ReplyDelete
  16. setuju gan, dilihat dari gambarnya kelihatan banget penuhnya. kalau saya main game ini pasti bingung mau klik yang mana. terlalu banyaaakk !!

    ReplyDelete