Saturday 6 June 2015

Heuristic Evaluation

Kali ini saya akan membahas 10 Heuristic for User Interface berdasarkan Jacob Nielsen - (1995a).
Putusan aplikasi yang saya dapatkan kali ini adalah sebuah aplikasi game mobile yaitu Brave Frontier. 
Apa saja 10 Heuristic for User Interface berdasarkan Jacob Nielsen - (1995a)?

1. Visibility of system status
Sistem harus dapat menginformasikan kepada pengguna tentang apa yang terjadi pada system.

2. Match between system and the real world
Sistem harus ‘berbicara’ dalam bahasa yang biasa digunakan oleh pengguna. Kata,frasa, dan istilah yang digunakan mengikuti kebiasaan yang ada.
3.Consistency and standards
Pengguna tidak harus berpikir apakah kata, situasi, dan aksi yang berbeda ternyata memiliki arti yang sama.

4. User control and freedom
Pengguna kadang memilih pilihan yang salah dan memerlukan opsi ‘emergency exit’. Pengguna dapat keluar dari keadaan akibat pilihan yang salah tersebut tanpa perlu melewati kegiatan tambahan lainnya.

5. Error prevention
Sistem didesain sehingga mencegah pengguna melakukan kesalahan dalam penggunaan system. Bisa dilakukan dengan menggunakan pilihan konfirmasi.

6. Recognition rather than recall
Membuat objek, aksi, dan pilihan yang ada visible (jelas).

7. Aesthetic and minimalist design
Dialog seharusnya tidak mengandung informasi yang tidak relevan atau tidak terlalu diperlukan.

8. Flexibility and efficiency of use
Permudah pengguna untuk melakukan kegiatannya dengan lebih cepat.

9. Help and documentation
Sistem menyediakan bantuan dan dokumentasi yang berisi informasi tentang penggunaan system.

10. Help users recognize, diagnose, and recover from errors
Pesan kesalahan harus dijelaskan dalam bahasa yang jelas, menjelaskan masalah dan memberikan solusi.


Berikut ini adalah link untuk pembahasan pada aplikasi mobile Brave Frontier :

2. Match between system and the real world





No comments:

Post a Comment